Minggu, 04 Maret 2012

Dimensi-Dimensi Organisasi


Structural : menggambarkan karakteristik internal organisasi       
Formalization tingkat penggunaan dokumen tertulis dalam organisasi yang sebenarnya menggambarkan corak dari perilaku dan kegiatan organisasi

yaitu sejauhmana organisasi menyandarkan dirinya pada peraturan dan prosedur untuk mengatur perilaku dari para pegawainya
a. Bersifat eksternal bagi pegawai  ->peraturan, prosedur, dan aturan ditetapkan   secara  terinci, dikodifikasi, & dilaksanakan
    melalui pengawasan langsung.
b. Perilaku yang diinternalkan, melalui nilai, norma
    Pola perilaku yg diharapkan bagi pekerjaan &
    Organisasi.  Misal :melalui pelatihan & budaya organisasi

Specialization derajat pembagian kerja/tugas dalam organisasi
Standardization derajat kesamaan cara (prosedur)dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan organisasi
Hierarchy of Authority pola pembagian kekuasaan serta rentang kendali
Decentralization corak pembagian menurut tingkatan(hirarkhi) dalam organisasi, diperlihatkan oleh jenis keputusan yang boleh ditetapkan pada setiap tingkatan

Sentralisasi, tingkat di mana pengambilan keputusan dikonsentrasikan pada suatu titik  tunggal di dalam organisasi
·       Sentralisasi
·       Desentralisasi
Keuntungan desentralisasi :
setiap manajer mempunyai keterbatasan terhadap jumlah informasi
Dapat menanggapi perubahan dengan cepat.
Memberi masukan lebih rinci bagi pengambil keputusan.
Memotivasi pegawai untuk memberi kesempatan dlm pengambilan keputusan.
Memberi peluang pelatihan bagi manajer tingkat rendah.

Keuntungan sentralisasi :
Keputusan komprehensif yang akan diambil.
Penghematan dan lebih efektif   
Hambatan sentralisasi :
Hanya memperhatikan struktur formal.
Memperhatikan kebebasan dalam pengambilan keputusan.
Konsentrasi pada seseorang, unit atau tingkat.
Kontrol dari top manajemen, tetapi keputusan tetap terletak pada anggota tingkat rendah.

Complexity banyak kegiatan (sub sistem)dalam organisasi
 􀂃 Vertikal: jumlah tingkatan yang ada pada organisasi
 􀂃 Horizontal: pembagian kegiatan secara horizontal
 menjadi bagian-bagian yang secara vertikal berada pada tingkatan yang sama

Kompleksitas, mempertimbangkan tingkat diferensiasi yang ada dalam organisasi termasuk di dalamnya tingkat spesialisasi atau tingkat pembagian kerja, jumlah tingkatan di dalam hirarki organisasi serta tingkat sejauh mana unit-unit organisasi tersebar secara geografis. Makin tinggi kompleksitas, maka perhatian terhadap masalah-masalah komunikasi,

Professionalism tingkat pendidikan formalmaupun tidak formal yang secara  rata-rata dimiliki oleh anggota organisasi
Personal Configuration bentuk pembagian anggota organisasi pada bagian-bagian baik secara vertikal maupun secara horizontal

Contextual :  karakteristik keseluruhan organisasi dalam lingkungannya
Size Ukuran Organisasi: besarnya organisasi, seringkali dinyatakan dengan jumlah anggota organisasi
Technology Teknologi Organisasi: jenis dari tingkatan teknologi yang digunakan pada sistem produksi suatu organisasi
Environment Lingkungan: keadaan semua elemen lingkungan yang
terdapat di luar batas-batas organisasi terutama yang berpengaruh kuat terhadap organisasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar